Sabtu, 13 Oktober 2012

MANUSIA DAN CINTA KASIH



Menurut saya manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang sangat sempurna dibanding dengan makhluk-makhluk lainnya karena manusia memiliki akal dan pikiran untuk berpikir secara logis, dan manusia dapat membedakan mana perbuatan yang baik (positif) atapun buruk (negatif).
         
Berikut ini merupakan definisi dari para ahli tentang manusia :

1.     NICOLAUS D. & A. SUDIARJA
Manusia adalah bhineka, tetapi tunggal. Bhineka karena ia adalah jasmani dan rohani akan tetapi tunggal karena jasmani dan rohani merupakan satu barang.
2.    ABINENO J. I
Manusia adalah "tubuh yang berjiwa" dan bukan "jiwa abadi yang berada atau yang terbungkus dalam tubuh yang fana.
3.    UPANISADS
Manusia adalah kombinasi dari unsur-unsur roh (atman), jiwa, pikiran, dan prana atau badan fisik.
4.    SOKRATES
Manusia adalah mahluk hidup berkaki dua yang tidak berbulu dengan kuku datar dan lebar.
5.    I WAYAN WATRA
Manusia adalah mahluk yang dinamis dengan trias dinamikanya, yaitu cipta, rasa dan karsa.
6.    OMAR MOHAMMAD AL-TOUMY AL-SYAIBANY
Manusia adalah mahluk yang paling mulia, manusia adalah mahluk yang berfikir, dan manusia adalah mahluk yang memiliki 3 dimensi (badan, akal, dan ruh), manusia dalam pertumbuhannya dipengaruhi faktor keturunan dan lingkungan.
7.    PAULA J. C & JANET W. K
Manusia adalah mahluk terbuka, bebas memilih makna dalam situasi, mengemban tanggung jawab atas keputusan yang hidup secara kontinu serta turut menyusun pola berhubungan dan unggul multidimensi dengan berbagai kemungkinan.

Cinta adalah suatu perasaan sayang yang tulus dimiliki oleh setiap manusia, cinta itu berbeda oleh perasaan suka ataupun kagum. Sedangkan kasih adalah suatu perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia yang dilakukan dengan  perbuatan, karena kasih lebih memiliki arti rasa belas kasihan dan rasa ingin melindungi.  Jadi cinta kasih adalah suatu perasaan sayang terhadap seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan dan peduli. 

Dengan demikian dua kata cinta dan kasih memiliki arti tersendiri. Cinta lebih mengandung pengertian rasa yang sangat mendalam, sedangkan kasih bersumber dari cinta yang mendalam. Cinta sendiri mengandung arti yang sangat penting bagi suatu kehidupan, karena didalam cinta terdapat ikatan tali pernikahan.

Manusia dan cinta kasih saling berhubungan antara keduanya, seperti yang dapat diketahui dalam kehidupan yaitu :

  1.  Didalam keluarga
Didalam setiap keluarga, manusia memerlukan kasih sayang dan cinta dari orang lain. Contoh : seorang anak memerlukan kasih sayang dan cinta dari seorang ibu dan ayahnya.

  2. Didalam persahabatan
Didalam persahabatan terdapat rasa kepedulian, sayang, dan cinta antara teman dekat yang satu dengan teman dekat yang lain. Contoh: seorang sahabat menjenguk sahabatnya sendiri dirumah sakit karena dia peduli dan sayang terhadap sahabatnya itu walaupun dia sedang sibuk, dia pasti akan meluangkan waktu untuk sahabatnya sendiri. 

  3. Didalam pertemanan
Didalam pertemanan pun juga memerlukan rasa kasih, sayang dan cinta dari seorang temannya. Jika ada seorang teman tidak memiliki rasa tersebut, mereka pasti tidak akan ditemani oleh semua teman-temannya.

  4. Didalam lingkungan masyarakat
Didalam lingkungan masyarakat, manusia memerlukan berinteraksi antar manusia karena manusia adalah makhluk sosial, dengan cara berinteraksi setiap manusia juga memerlukan cinta kasih kepada manusia yang lain.

Manusia dalam kehidupannya selalu memiliki rasa cinta, namun rasa cinta itu banyak dari sebagian orang tidak terlalu mendalami akan rasa kasih yang ada didalam cinta itu sendiri, karena rasa cinta saja belum cukup kalau belum dibarengi dengan rasa kasih, karena cinta itu sendiri rasa sayang yang lebih mendalam, saling memiliki, saling membutuhkan antara manusia. Apabila rasa cinta tidak dibarengi dengan rasa kasih maka rasa cinta akan tidak mencapai kesempurnaan yang indah. Cinta kasih bukan hanya terhadap manusia dengan manusia tetapi cinta kasih dalam arti luas dapat juga antara Tuhan dengan manusia.

Didalam cerita novel yang pernah saya baca ada seorang laki-laki dan wanita yang memiliki rasa cinta dan kasih sangat mendalam seperti Romeo dan Juliet. Cerita Romeo dan Juliet itu sangat tidak asing lagi bagi kalangan umum karena cerita cinta mereka banyak dibuat film atau drama dan cerita cinta mereka sangat fenomenal yaitu cinta dibawa hingga mati. Jadi  cinta itu akan selalu ada awal dan diakhir dicerita, namun cinta tidak akan pernah musnah dan akan tetap abadi untuk selamanya.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar